Berikut ini merupakan rahasia yang diungkap dari pengalaman blog terbaik.
Pertama, kuncinya adalah pada Headline.
Headline adalah judul besar dari sebuah hasil karya baik itu berupa iklan, berita, artikel, atau lainnya. Headline merupakan bagian yang paling terlihat oleh para pembaca. Fungsi dari headline adalah menarik minat target pembaca untuk membaca artikel itu sampai tuntas. Oleh karena itu untuk menambah daya tarik pengunjung halaman blog Anda harus dibuat sebagus atau sekontroversial mungkin. Apabila headline blog Anda tidak bagus, pengunjung tidak akan tertarik membaca isi blog Anda.


Dalam dunia bisnis, headline merupakan kunci utama dalam mencapai tujuan Anda yaitu adanya transaksi antara Anda dan pengunjung. Membuat sebuah  headline bukanlah pekerjaan yang mudah. Dalam membuat headline dibutuhkan akal, pikiran, dan kreativitas yang tinggi. Secara teknis headline dituntut untuk mudah dimengerti dan dipahami serta mengandung komunikasi dan ide yang tepat. Pada tulisan bagian pertama ini akan dibahas secara khusus beberapa cara untuk membuat headline yang menarik.

1. Headline yang Menggunakan Kata "Warning" atau "Awas" 
Anda bisa membuat headline yang menarik perhatian pembaca dengan struktur "warning: (blak)". Contoh headline jenis ini adalah "Warning: Laser Printers Could Be a Health Hazard - PCWorld". Artikel ini menceritakan tentang sebuah peringatan bahwa printer laser dapat membahayakan kesehatan. Dalam bahasa Indonesia, Anda dapat mengganti kata "warning" dengan "awas" yang memiliki makna sama.

2.  Headline dalam Rupa Umpan Bagi Pembaca yang Penasaran
Anda dapat membuat headline yang mengandung unsur umpan bagi pembaca yang membuat penasaran atau memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Contoh headline jenis ini adalah: "Hint: It's not the Piranha. It,s far, far worse". Headline di atas memberikan umpan tersendiri kepada pembaca yang penasaran ingin mengetahui jenis ikan apa yang ada di Amazon yang jauh lebih menakutkan dari Piranha.

3.  Headline Kiat-kiat Melakukan Sesuatu yang Tidak Lazim
Anda dapat membuat headline yang menarik dengan wujud mendorong seseorang melakukan sesuatu yang tidak lazim. Contoh headline jenis ini adalah "Five Tips for Stealithy Facebooking" Artikel ini menceritakan lima tips aman untuk mengakses Facebook secara diam-diam.


4.  Headline dalam Bentuk Pernyataan Sensasional
Headline yang mengadung unsur pernyataan yang sensasional dapat menarik perhatian pembaca. Agar efektif, si penulis artikel dalam blog tersebut haruslah orang yang terkenal, terpandang, atau berpengaruh. Apabila orang yang berpengaruh membuat pernyataan yang sensasional, bukankah blog tersebut akan jauh lebih ramai?

5.  Headline yang Mengupas Karya Besar atau Unik
Headline yang menggambarkan atau mengupas sebuah karya besar atau unik tentunya akan sangat menggoda untuk dibaca. Anda dapat membuat headline yang menarik dengan menunjukkan sebuah karya besar. Contoh headline jenis ini adalah "Welcome to the World of the Slim People"  (Selamat datang di dunia orang-orang kurus).


Sumber: Dikutip dari Buku " Membokar Rahasia Blog: Rahasia-rahasia blog terbaik akhirnya diungkap untuk umum", karya: Jubilee Enterprise, 2011, diterbitkan oleh PT Alex Media Komputindo dengan beberapa perubahan.


Diposting oleh Rahmawati Blog on Jumat, 15 Juni 2012
categories: edit post

0 komentar

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Selamat Datang

Selamat datang di Blog Kontemplatif Cendekia, media yang mengajak Anda untuk sejenak merenung dan menjadi lebih bijak dalam melangkah.

Jam dan Tanggal

Pengikut

Total Tayangan Halaman

Visitors

free counters

About Me

Foto Saya
Rahmawati Blog
Lihat profil lengkapku